TALAS SATOIMO YANG SANGAT DIMINATI OLEH BANGSA JEPANG

Permintaan dari talas satoimo ini sebenarnya sangatlah besar terlebih dengan kondisi hubungan politik antara Cina dan Jepang memburuk akhir-akhir ini yang mana pemasok terbesar talas satoimo ke Jepang adalah dari negeri Cina.

Ada beberapa perusahaan suplayer makanan dan sayur-sayuran Jepang yang memiliki perwakilannya di Indonesia sudah sering menanyakan ketersedian talas satoimo ini guna dibuatkan kontrak pengadaannya. Hitung punya hitung dapat mencapai 10 kontainer 40 feet per bulannya yang mereka butuhkan.

Untuk mensuplay 1 kontainer saja diperlukan bahan baku segar sebanyak kurang lebih 40 ton dengan rendeman 50 %.

Empat puluh ton hasil panen itu berarti diperlukan dari hasil luasan lahan kurang lebih 2 ha dan 2 ha diperlukan bibit kurang lebih sejumlah 40 ribu umbi dengan target produksi tanaman perpohon minimal 1 kg.

Dua hektar tanaman talas diperlukan pupuk kompos organik sebanyak kurang lebih 80 ton demikian pula lahan-lahan yang dipergunakan syaratnya harus ada irigasi yang baik sepanjang bulan baik untuk dimusim kemarau dan penghujan karena kelembapan tanah dari awal tanam hingga panen harus mencapai 60 % secara rata.

Kondisi diatas tersebut harus rutin dapat dilaksanakan secara terus menerus setiap bulannya, inilah tantangannya bagi pembudidaya tanaman talas satoimo.

Image

http://AGROLAWU.indonetwork.net

Image

Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s